Friday, July 28, 2017

Perahu Otok - Otok

Rate this item
(1 Vote)

Perahu Otok Otok Mainan jadul tradisional yang berbahan baku seng.

Mainan jadul tradisional yang berbahan baku seng ini adalah salah satu mainan unik khas Indonesia yang cara kerjanya menggunakan prinsip tekanan uap sebagai pendorong kapal mainan ini. Adapun bahan baku dari kapal otok otok ini adalah dengan bahan utama seng yang sudah di potong di gunting dengan pola yang sudah di buat dan di rekatkan / lem dengan soldier atau timah panas, dan tak lupa cat besi sebagai finishing akhirnya, agar terlihat lebih menarik.

Kapal mainan ini menggunakan prinsip tekanan uap air yang telah di panaskan oleh api kecil yang di pasang di dalam mainan kapal otok otok, sehingga dengan perbedaan suhu akibat pemanasan di pipa kapal mengakibatkan keluar masuknya air melalui pipa kenalpot kapal otok otok sebagai pendorong jalanya mainan kapal ini.

Dengan harganya yang sangat murah dan mempunyai keunikan yang tidak di miliki mainan modern, menjadikan kapal otok otok ini menjadi primadona di era 90an. Bagi anda yang ber umur 20-30 tahun mungkin telah merasakan sensasi memainkan kapal otok otok khas Indonesia ini pada masa kecil anda. Dengan berbagai keunikan dari kapal otok otok ini membuat mainan kapal ini mengandung unsur Budaya, Sejarah, Edukasi, dan Estetika yang sangat tinggi.

Tidak sekedar sebagai mainan anak-anak saja, tapi mainan kapal otok otok ini juga sebagai salah satu mainan kebanggan Indonesia, mainan ini mempunyai nilai filosofi yang tinggi, karena apapun yang terjadi, para pengrajin kapal otok otok tidak akan melupakan bagian bendera merah putih yang tetap berkibar di kapal, sebagai bagian yang wajib harus di pasang bagi para pengrajin, sebagai rasa nasionalis yang mereka tunjukan terhadap Negara Indonesia yang masih mereka jaga.

Cara Memainkan :

  • Isi air ke dalam dua pipa yang berada di bagian depan mainan Perahu
  • Masukan minyak goreng dan sedikit kapas ke wadah pembakaran yang berfungsi sebagai pembakar
  • Nyalakan pembakar yang sudah di beri minyak goreng dan kapas, dan masukan ke dalam badan mainan Perahu letakan di atas baskom yang berisi air, kemudian tunggu beberapa saat.
  • Setelah Perahu panas akibat pembakaran, maka disitulah Perahu Otok otok akan mulai bergerak dengan sendirinya dan akan terdengan suara “Otok…Otok…Otok…Otok…”

 

Tok-kelotok-kelotok bunyi khas yang dihasilkan dari kapal perang mainan ini. Mendekati peringatan hari 17 Agustus, biasanya semakin ramai pula yang menjual mainan satu ini. Ketika tuasnya sudah ditarik dan diletakkan di atas air, entah kenapa kamu jadi rela jongkok demi ngelihatin kapal-kapalan ini berputar-putar di baskom-mu. Sampai sekarangpun, ini masih jadi misteri…

 

referensi : http://www.kaskus.co.id/thread/557e680a5c7798ac0d8b456b/cara-membuat-mainan-kapal---perahu-otok-otok-tenaga-uap/

Read 600 times
More in this category: « Festival Condet 2016

Tokoh Condet

photo7.jpg
Custom Adv 2
Idelain.com

Cara asik belanja hemat tanpa takut kantong bolong

idelain
Custom Adv 3

condetkite

#condetkite - Condet Punye Cerite
Cagar budaya condet yang punye segudang informasi, edukasi dan pemasaran. Bagian terpenting di daerah Jakarta Timur.

Instagram @condetkite

Our Branding

Semua tentang condet ada di :