Friday, July 28, 2017

Festival Condet 2016 Featured

Rate this item
(1 Vote)

Festival Condet "Ini Budaya Kite".

Jakarta, 30 - 31 Juli 2016. Condet sebagai Cagar Budaya Betawi untuk pertama kalinya menyelenggarakan pagelaran Seni Budaya Betawi. Bertajuk Festival Condet, yang mengusung Tema “Ini Budaya Kite”. Festival ini bertujuan untuk mengenalkan kembali Condet sebagai Cagar Budaya Betawi dan melestarikan Budaya Betawi Lainnya.

Pembukaan Festival Condet hari pertama

Tepat pukul 08.00 WIB acara dibuka dengan Pawai Budaya dimulai dari Gang Munggang sampai keluar Jalan Raya Condet. Dalam Pawai Budaya tersebut turut pula hadir tokoh dari Pemerintahan seperti mantan wakil Gubernur DKI era 80-an bapak Edi Nalapraya dan Haji Lulung yang ikut ambil bagian dalam pembukaan pagelaran Festival Condet di hari pertama.

Mengambil lokasi di Jalan Raya Condet dimulai dari Gang Buluh sampai Gang Munggang. Bazaar stand-stand makanan, minuman dan pakaian terjejer disepanjang Jalan Raya Condet dan dengan panggung yang cukup besar menambah kemeriahan Festival Condet ini.

Festival Condet akan dihelat dua hari mulai tanggal 30 sampai 31 Juli 2016.

Adapun Kegiatan yang diselenggarakan pada Festival Condet hari pertama antara lain seperti pertunjukan Pencak Silat dari perguruan Rompes si Pecut, Silo Macan, dan Muara Condet, lomba tari Betawi, lomba hadroh, lomba pembuatan emping dan kontes batu pandan yang diselenggarakan oleh KOMPAC (Komunitas Batu Pandan Condet). Terdapat empat panggung besar yang ditempatkan di beberapa titik untuk menyelenggarakan lomba-lomba tersebut. Pada hari pertama penyelenggaraan Festival Condet kali ini berlangsung cukup meriah dan berakhir pada pukul 22.00 WIB.

Festival Condet hari kedua

Minggu 31 Juli 2016 tepat pukul 08.00 WIB acara Festival Condet kembali di buka. Pertunjukkan pertama di panggung utama dibuka oleh penampilan Band dari Sanggar Firman Muntacho yang menambah semangat di pagi hari dengan lagu-lagu Betawi.  Walaupun cuaca cukup terik pada siang harinya, tidak menyurutkan warga Condet untuk hadir memeriahkan Festival Condet pada hari kedua ini.

Suasana dan kegiatan pada Festival Condet hari kedua tidak berbeda jauh pada hari pertama dan masih berlokasi di Jalan Raya Condet tepatnya dari Gang Buluh sampai Gang Munggang. Sepanjang jalan masih berjejer stand-stand yang menjual makanan, minuman dan pakaian. Makanan khas betawi seperti “Dodol” dan Bir Pletok terlihat ramai dikunjungi. Kegiatan yang ditampilkan masih Pagelaran Budaya Betawi seperti Pencak Silat, Lenong, Hadroh, Palang Pintu dsb. Komunitas Batu Pandan Condet (KOMPAC) juga masih mengadakan kontes batu akik pandan yang diikuti oleh komunitas batu akik pandan diseluruh jabodetabek.

Salah satu tokoh betawi dan juga putra dari Alm. Benyamin Sueb, Biem Benyamin turut hadir memeriahkan Festival Condet di hari kedua ini. beliau bersama Biang Kerok Band dan panitia Festival Condet bernyanyi bersama dipanggung utama. Sandiaga Uno yang merupakan kandidat calon Gubernur DKI Jakarta turut pula menyempatkan diri untuk hadir pada sore harinya.

Salah satu pengunjung yang tim Condetkite wawancarai, Abdullah bin H.Asmawi mengatakan, "Kemeriahan ini pun harus tetap terjaga dan semoga Festival Condet bisa terlaksana pada tahun-tahun berikutnya." ujarnya. Hari kedua Festival Condet berlangsung sangat meriah dan berakhir pada pukul 24.00 WIB.

Harapan dari acara ini adalah agar Condet sebagai Cagar Budaya Betawi kembali dikenal oleh masyarakat luas sebagai daerah yang menjadi ikon dari Kota Jakarta, sebagai rumah dari sebagian orang betawi yang ada didaerah Jakarta, dan tentu pula agar Festival Condet menjadi ajang tahunan dari Pemprov Dki sebagai wadah untuk Pelestarian Budaya Betawi agar kembali dikenal, dihargai, tidak tersingkirkan, dan tidak dipandang sebelah mata di tanah sendiri.

Read 816 times Last modified on August 01 2016

Tokoh Condet

photo7.jpg
Custom Adv 2
Idelain.com

Cara asik belanja hemat tanpa takut kantong bolong

idelain
Custom Adv 3

condetkite

#condetkite - Condet Punye Cerite
Cagar budaya condet yang punye segudang informasi, edukasi dan pemasaran. Bagian terpenting di daerah Jakarta Timur.

Instagram @condetkite

Our Branding

Semua tentang condet ada di :