Friday, July 28, 2017

Buah Ular dari Jakarta si Salak Condet Featured

Rate this item
(0 votes)

Buah Ular dari Jakarta si Salak Condet - Buah Warisan dari Sejarah Jakarta.

Hiruk piruk kekinian Jakarta dan di tengah padatnya perumahan penduduk Jakarta, rimbunnya kebun salak masih bisa kita nikmati loh di Condet. Di sisi Jalan Kayu Manis, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, lebih dari 5.000 ( lima ribu ) pohon salak gagah berdiri. Dedurian penghias batang-batang pohon keluarga palem-paleman itu terlihat berjajar dengan cantik. Menjadi pelindung 'buah ular' yang berkumpul di dalam tandan. Dengan bentuk kulit yang menyerupai sisik, maka masyarakat banyak menyebutnya sebagai buah ular, namun terlepas dari itu semua salak yang satu ini sangat nikmat untuk di makan. Yummyy ~

 

Kebun salak seluas empat hektare itu milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kebun itu menjadi salah satu peninggalan kejayaan salak condet (salacca edulis cognita), nama varietas buah tersebut pada masa lalu. Kini, salak dengan gabungan rasa sepat, manis dan asam itu tak bisa lagi ditemukan di pasaran. Maskot DKI Jakarta tersebut dikalahkan invasi salak pondoh yang dijual bebas pedagang kaki lima maupun di toko swalayan.

 

Kebun yang jalannya hanya bisa dilalui pejalan kaki dan sepeda motor itu letaknya diujung permukiman warga sehingga mempersulit alamat kebun. Lika-liku jalan membelah perumahan yang kebanyakan semipermanen. Tapi tenang, masyarakat sekitar kebun salak dengan senang hati akan memberikan petunjuk jika kamu ingin menikmati gagah nya pemandangan pohon salak.

 

Sekarang, nama besar salak condet hampir tinggal cerita. Seiring banyaknya importir buah yang dijajakan di kaki lima ataupun toko swalayan. Namun kita boleh sedikit bernafas lega karena sudah banyak yang menyediakan bibit salak condet unggul sehingga mampu memulihkan kondisi salak condet yang hampir punah. "Ini salak juara,” Dan istilah tersebut masih bisa kita andalkan untuk menunjukkan jati diri Budaya Jakarta yang sudah memudar.

Melalui peran serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Sang Buah Ular ( Salak ) masih bisa kita nikmati hingga sekarang, namun peran penting masyarakat lah yang mampu membangkitkan kembali buah yang menjadi ikon dari Jakarta itu. 

Di artikel selanjutnya kita akan coba bahas “gimana sih caranya budidaya salak condet yang berkualitas”. So, tunggu aja ya artikel selanjutnya ..

referensi : http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/15/01/01/nhg7j4-salak-condet-maskot-dki-yang-terancam-punah

Read 919 times Last modified on May 21 2016

Tokoh Condet

photo5.jpg
Custom Adv 2
Idelain.com

Cara asik belanja hemat tanpa takut kantong bolong

idelain
Custom Adv 3

condetkite

#condetkite - Condet Punye Cerite
Cagar budaya condet yang punye segudang informasi, edukasi dan pemasaran. Bagian terpenting di daerah Jakarta Timur.

Instagram @condetkite

Our Branding

Semua tentang condet ada di :