Friday, July 28, 2017

Pangsi Betawi

Rate this item
(0 votes)

Pangsi Betawi atau biasa juga dikenal orang sebagai baju si Pitung. Karena keidentikan baju pangsi ini tidak bisa dipisahkan dari kisah si Pitung atau para jawara silat tempo dulu.

Si pitung, jawara Betawi saat itu digambarkan sebagai orang yang selalu memakai baju pangsi Betawi. Kemeja lengan panjang berwarna hitam atau merah model koko polos, celana komprang menggantung, kain kotak-kotak/batik betawi yang di sematkan dileher, peci atau kopiah, sabuk ijo, gelang bahar, cincin batu akik,  sendal kulit dan sebilah golok terselip di pinggang.

Padahal pada kenyataannya baju pangsi ini tidak hanya dipakai oleh mereka yang jago silat. Baju pangsi adalah baju sehari-hari pria Betawi pada zaman itu. Namun, seiring dengan waktu, sudah sangat langka pria Betawi yang masih setia memakai baju pangsi kebanggaan Betawi. Bahkan pada acara-acara hajatan, pria asli Betawi pun lebih suka memakai baju batik atau kemeja seperti kebanyakan orang. Baju pangsi Betawi semakin tersingkirkan.

Meski langka bukan berarti baju pangsi punah atau tak lagi dijual di pasaran. Pedagang baju pangsi masih banyak ditemui di pasar-pasar tradisional seperti pasar Tanah Abang dan Condet maupun Setu Babakan. Untuk di Condet anda bisa temukan pedagang kaos pangsi di Jl. Batu Ampar. Banyak juga pedagang baju pangsi yang memasarkan dagangannya lewat internet.

Sesuai dengan perkembangannya baju pangsi kini lebih banyak varian warnanya, tidak hanya merah dan hitam. Sejak adanya peraturan pemakaian baju khas Betawi di kalangan PNS Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebelumnya mengeluarkan surat edaran Nomor 48/SE/2014 tentang Peraturan Baru Seragam Sekolah. Baju pangsi semakin naik pamor.

Geliat baju pangsi semakin terlihat. Baju pangsi tak hanya bisa dilihat pada acara festival kesenian budaya Betawi atau acara pernikahan adat Betawi. Dan ternyata menurut penuturan pedagang baju pangsi Tanah Abang, penjualan baju pangsi meningkat menjelang lebaran. Wah, ternyata banyak juga orang yang masih peduli dengan warisan budaya Betawi. Kalau bukan kita siapa lagi yang peduli.

Read 2157 times Last modified on January 31 2016

Tokoh Condet

photo7.jpg
Custom Adv 2
Idelain.com

Cara asik belanja hemat tanpa takut kantong bolong

idelain
Custom Adv 3

condetkite

#condetkite - Condet Punye Cerite
Cagar budaya condet yang punye segudang informasi, edukasi dan pemasaran. Bagian terpenting di daerah Jakarta Timur.

Instagram @condetkite

Our Branding

Semua tentang condet ada di :